Selasa, 31 Juli 2012

peran pendidik pos paud dalam pembelajaran.

Peran pendidik pos paud dalam menjalankan aktivitasnya sangatlah komplek. Dalam kelembagaan pos paud biasanya seorang pendidik juga merangkap sebagai kader posyandu, kadang pula sekaligus  merangkap sebagai pengelola lembaga. Peran ganda inilah yang menyulitkan lembaga untuk berkembang secara optimal. 
Hal ini sangat disadari , karena keterbatasan ilmu dan pengalaman seorang kader pada akhirnya berdampak pada tingkat kemampuan seorang kader mampu menjalankan tugasnya sebagai seorang  pendidik yang bertugas menjalankan proses pembelajaran di lembaganya. 
Dalam definisi pembelajaran adalah setiap usaha yang tengah dilakukan dengan sengaja oleh seorang pendidik yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kegiatan belajar. Pendidik di pos paud  tidak hanya ditutut sekedar menyampaikan ilmu pengetahuan kepada anak didik tetapi pendidik atau kader juga dituntut mampu memainkan berbagai peran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi anak didik secara optimal.
Oleh karena itu, dalam merumuskan peran guru pos paud di dalam pembelajaran  secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. pendidik pos paud mampu sebagai inspirator anak didik untuk mengembangkan ide atau gagasan mengenai cara belajar yang baik.

2. sebagai organisator yaitu seorang pendidik sekaligus kader  mampu menjebatani berbagai kegiatan pengelolaan pembelajaran  serta mampu menciptakan kondisi dan situasi sebaik-baiknya sehingga memungkinkan anak didik belajar secara berdaya guna dan berhasil guna.

3.Motivator dan Informator. Sebagai motivator dan informator,seorang pendidik dianggap mampu untuk  dapat memberi informasi serta dorongan belajar yang lebih baik. Dalam memberikan informasi guru diharapkan mampu menyampaikan menu generik yang telah disusun sesuai dengan usia anak. 

4. Mediator dan supervisor. Sebagai mediator ,pendidik pos paud juga dapat berperan sebagai penyedia dan penengah dalam proses pembelajaran.Melalui pendidik , anak dapat memperoleh materi pembelajaran dan umpan balik dari hasil belajar. Sedangkan sebagai seorang supervisor, pendidik diharapkan mampu membantu, memperbaiki dan menilai secara kritis proses pembelajaran yang dilakukan ,sehingga pada akhirnya proses pembelajaran dapat dilakukan secara optimal.

5. Sebagai evaluator, seorang pendidik pos paud ditutut untuk mampu menilai hasil pembelajaran serta proses jalannya pembelajaran . Dari proses ini diharapkan diperoleh hasil umpan balik pembelajaran yang sudah berlangsung untuk optimalisasi hasil pembelajaran.

Demikian uraian mengenai peran pendidik pos paud dalam proses pembelajaran di lembaga pos paud masing-masing.semoga tulisan ini bermanfaat, paling tidak dapat memberi pencerahan terhadap pendidik yang kebanyakan seorang kader yang bukan berbasis kependidikan secara formal. 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar